Daily Life & Random · Life Talk & Random

Sabar… Sabar…

Sabr is when it still hurts inside and you’re still struggling.
Redha is peace internally — the highest level of respons to Allah’s test.

Da aku mah apa atuh. Masih jauh dari level ikhlas (ridho), mungkin masih di level sabar itupun masih piyik. Bukan sabar sih tapi di-sabar-sabar-in, tepatnya. Apalagi belakangan ini Allah sedang menguji dengan mendekatkan saya pada orang-orang yang hobi mengeluarkan kata-kata yang mungkin biasa aja bagi mereka, tapi amat sangat nyelekit buat saya. Rasanya ingin bertanya langsung, tapi bakal percuma juga sepertinya.

Pak, kalau saya seperti yang bapak tuduhkan, terus yang waktu itu saya kerjain itu apa, pak? Yang menyadari kesalahan fatal Bapak dan kemudian berusaha memperbaikinya, bukan saya ya? Ya da aku mah apa atuh, levelnya jauh di bawah Bapak sampai boleh dikata-katain kayak gitu secara terus menerus berulang ulang ulang ulang ulang ulang sampai saya gak ingat udah berapa ratus kali Bapak bahas hal yang sama di dalam forum berbeda.

Lalu Bu, kalau memang saya pernah sakit, terus otomatis IQ saya jadi jongkok kah? Otomatis bakal jadi orang yang sakit-sakitan? Ibu men-judge seperti itu ada dasarnya kah? Saya ditangani 4 dokter spesialis Bu, dan beliau-beliau sudah menyatakan saya OK. Jujur, kalau boleh memilih saya juga gak mau sakit Bu, apalagi parah seperti kemarin. Hilang percuma waktu 1 tahun saya Bu. Hilang kebersamaan saya dengan anak dan keluarga. Hilang semua tabungan saya demi sembuh Bu. Dan sempat hilang kepercayaan diri saya untuk sembuh mendengar Ibu bilang seperti itu (dan saat sembuh masih dibahas kemana-mana, rasanya tuh hmmm). Alhamdulillah nyawa saya gak ikut hilang, Bu, walaupun kata dokter saya sudah “nyaris”, dan sekarang ini saya menjalani “hidup ke 2”.

Ah, kadang lelah ya menghadapi orang-orang bermulut tajam seperti itu. Inginnya sih kabur aja supaya gak rungsing dengernya. Tapi sabaaaar, ikhlaaaas, yakin aja deh Allah tidak akan menguji hamba-Nya melebihi kesanggupannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s