Health & Beauty · Skin Care

Gerilya Melawan Jerawat di Erha (Jilid II)

Episode sebelumnya: Gerilya Melawan Jerawat Jilid I

Sejak berobat ke Erha, kondisi kulit saya jauh lebih membaik. Gatal dan perih sudah gak terasa lagi. Beberapa jerawat mulai mengempis walaupun masih buanyak yang setia bertengger, paling jadi kering dikit aja.

Sesuai instruksi Bu Dok, pada minggu ke-2 saya kembali ke Erha. Menurut Bu Dok  walaupun sudah gak gatal dan perih, kondisi kulit saya belum cukup baik karena masih ada jerawat-jerawat nakal. Bu Dok pun kembali memberikan resep obat dan krim sbb:

  1. Tamcocin 500 mg
    Masih dikasih 30 kapsul untuk konsumsi 2 minggu. Diharapkan ini pemberian obat oral terakhir katanya. Dan moga-moga jeriwi gak pada bertumbuh lagi ya soalnya mau libur lebaran dokternya ahahaha.
  2. Acne Cleanser Scrub Beta Plus (ACSBP)
    Bisa saja saya skip beli soalnya yang lama masih ada. Tapi karena mau mudik ke kampung halaman suami yang gerah bikin pengen cuci muka terus, serta menjelang libur panjang lebaran, jadi untuk jaga-jaga tebus aja deh.
  3. Acne Moisturizing Gel 2 (AMG2)
    AMG3 diganti AMG2 nih. Gak tahu juga sih apa bedanya. Gak tanya soalnya lagi buru-buru haha. Ini saya tebus juga walaupun si AMG3 masih ada. Tapi tetep pakainya AMG3 dulu habiskan baru si AMG2 ini deh. Sayang dong kalau dianggurin, belinya mahal maaak.
  4. Acne Foundation 4 (AF4)
    Tebus jugaaaa. Buat jaga-jaga soalnya yang lama tinggal dikit.
  5. Acne Face Treatment for Sensitive Skin (AFTSS)
    *Copypaste atas, pemalesan* Tebus jugaaaa. Buat jaga-jaga soalnya yang lama tinggal dikit..
  6. Acne Night Gel 3 (ANC3)
    Krim malam baru nih. Kata dokter untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Dipakai setelah AFTSS. Warnanya kekuningan dan bauk! Paling gak suka tapi ya mau gimana lagi, demi kesembuhaaaaan. Kata Bu Dok, setelah pakai ini akan terasa panas agak perih. Tapi anehnya saya pakai kok biasa-biasa aja ya. Saking tebalnya kulit saya kali ya? (tebal sama daki sih~)
  7. Acne Gel/Totol jerawat malam
    Yang ini saya skip. Stok lama cuma berkurang 1/4 nya. Masih buanyak. Pemakaiannya juga super irit sih.

Selain gerombolan obat dan krim di atas, saya disarankan untuk melakukan Blue Light Therapy untuk mematikan bakteri penyebab jerawat. Eum, sebenarnya saat konsultasi pertama pun udah disarankan sih. Tapi gue-nya aja yang ngeyel, erat-erat ngekepin dompet. Sayang bowk, ngumpulin pundi-pundinya penuh perjuangan, disedotnya secepat gerakan tangan si mas kasir Erha menggesek kartu debit, hiks. Tapi dipikir-pikir, apa mau kulit saya jerawatan begini terus? Ya jelas gak lah. Ngeri dan menyiksa! Akhirnya saya bertekad untuk melakukan Blue Light Therapy. Apapun kata dokter saya ikut dulu aja deh. Sampai kulit kembali seperti sediakala.

Oh ya, dari awal konsultasi saya sudah bilang ke dokter kalau niat saya hanya menyembuhkan masalah jerawat saya. Gak mau diputih-putihin. Takut jadi cewek 3 dimensi: wajah, leher, tangan beda warna XD Pokoknya murni untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Komedo juga sih. Dan gayung bersambut, kata dokter kalau pun mau di’putih’kan masih belum boleh karena jerawat masih sedikit radang. Paling nanti dengan rutin pakai obat dan krim Erha yang diresepkan, wajah cuma jadi kembali cerah aja seperti sebelum kusam berkat jerawat. Wah kalau itu sih Ok, deal!

Total biaya Konsultasi dan obat-obatan jilid II (per Juni 2017):

  1. Konsultasi dokter Rp.175.000,-
  2. Tamcocin 500 mg (30 buah) Rp.210.000,-
  3. ACSBP (60 gr) Rp.84.500,-
  4. AMG 2 (15 gr) Rp.70.000,-
  5. AF 4 (15 gr) Rp.88.000,-
  6. AFTSS (15 gr) Rp.71.500,-
  7. ANC3 (15 gr) Rp.88.000,-
    Total biaya: Rp.787.000,-

Itulah amunisi menghadapi libur lebaran ala saya. Amunisi buat jerawatnya doang udah segambreng gitu. Belum baju, makanan dan lain-lain, beuh harus mudik bawa truk kontainer pribadi kayaknya.

Btw, saya gak pakai foto kondisi kulit ya. Udah coba ambil foto, tapi kelihatannya gak separah realitanya, belum lagi mayoritas jerawat tertutup kerudung sih, jadi perkembangannya juga gak kentara. Mungkin nanti saya ubek-ubek lagi kali aja nyempil yang bisa di-post. Tapi gak janji ya, soalnya jarang selfie, apalagi kalau kondisi muka kacaubeliau heuheu.

Leave a Reply

