Book, Music & Movie · Movie

[Review] Jigoku Sensei Nube Live Action

Halo, ga terasa udah tahun 2016 aja ya. Gimana acara tahun barunya? Seru? Aku mah ga ikutan perayaan. Emang ga pernah sih, soalnya lebih suka menghabiskan waktu di rumah, santai-santai sambil ngemil (yang sengaja disiapin buat begadang di malam tahun baru) dan nonton film-film di TV.  Gue mah gitu orangnya haha.

Berhubung malam tahun baru kali ini ga ada film seru di TV, dan kebetulan si anak bayi tumben-tumbenan udah tidur dari jam 21.00, akhirnya aku memutuskan untuk maraton drama Jepang. Sebenarnya ada 3 J-dorama yang ngantri untuk ditonton, tapi pilihan jatuh pada Nube dulu deh, soalnya lagi ingin bernostalgia sama anime jaman kecil dulu hihi.

HellTeacherNube_vol1_Cover
manga version – pic taken from google

Jigoku Sensei Nube Live Action (地獄先生 ぬーべー, Hell Teacher Nube) ditayangkan di NTV (TV Jepang)  pada Oktober – Desember 2014. Drama ini dibuat berdasarkan manga karya penulis Shō Makura (真倉翔?) dan ilustrator Takeshi Okano yang terbit sekitar tahun 1993, yang juga pernah dibuat versi anime berjudul sama pada tahun 1996. Pernah juga ditayangkan di televisi nasional Indonesia tapi lupa tahun berapa 😀

Jigoku-sensei-nube
live action version – pic taken from google

Kisah  dimulai dengan kedatangan 2 orang guru laki-laki – Tamamo Kyosuke dan Nueno Meisuke (belakangan lebih dikenal dengan panggilan Nube) – di sebuah sekolah yang terkenal dengan 7 legenda hantu-nya. Tamamo merupakan sosok yang keren, pintar, bijak, populer dan digemari oleh murid-murid. Sedangkan Nube sebaliknya. Ia adalah orang yang ceroboh, konyol, sedikit canggung di depan murid dan tidak populer. Murid-murid kelas 2-3 kecewa karena mendapatkan Nube sebagai wali kelas, bukan Tamamo. Namun walaupun dianggap remeh dan dicemooh, Nube tetap berusaha untuk dapat diterima oleh murid-muridnya.

Nube – yang ternyata adalah seorang cenayang – selalu berjuang keras melindungi murid-muridnya terutama dari gangguan makhluk halus, salah satunya dari Tamamo yang ternyata merupakan hantu rubah yang mempunyai tujuan untuk menghancurkan dunia manusia walaupun pada akhirnya Tamamo cenderung bersikap baik tapi judes-judes gimana gitu (tsundere) dan secara tidak disadari malah menjadi teman curhat Nube.

Nube mempunyai senjata pamungkas di tangan kirinya berupa tangan iblis yang selalu ditutupi oleh sarung tangan hitam. Belakangan diketahui bahwa tangan iblis tersebut adalah tangan milik Bakki – iblis yang disegel di tangan kiri Nube. Walaupun iblis, sepanjang pengamatanku, si Bakki ini malah sering memberikan pesan-pesan moral yang bagus dan nyentil manusia di kehidupan nyata pada setiap episodenya hahaha.

Hantu demi hantu berhasil dikembalikan Nube ke alamnya. Seiring hal tersebut, sedikit demi sedikit murid-murid kelas 2-3 mulai menerima Nube sebagai wali kelasnya dan menjadi akrab.

Klimaks terjadi pada episode terakhir, di mana Bakki sangat marah kepada Nube yang seringkali mengatakan bahwa tangan iblis adalah tangannya dan akan digunakan untuk menjaga kedamaian (sepele sih, tapi tangan iblis itu kan sebenarnya milik Bakki, bukan Nube, pantas aja Bakki marah, tangan iblis kok dipakai untuk kebaikan 😛 ). Bakki juga ingin menunjukkan bahwa kekuatan sebenarnya berasal dari amarah dan kebencian, bukan dari keinginan melindungi orang-orang terkasih sebagaimana sering diutarakan Nube. Bakki pun melepaskan diri dari segel dan tangan iblis di tangan kiri Nube pun hilang. Bakki mulai menghancurkan kota, bahkan membunuh ayah Nube. Namun kemudian berhasil disegel kembali oleh Nube dengan bantuan Tamamo, Yukime si wanita salju, dan Izuna (cenayang berdarah Itako). Menurutku sebenarnya si Bakki ini sengaja mengalah sih karena tersentuh oleh sikap saling mengasihi yang ditunjukkan Nube dkk hingga rela mengorbankan nyawa, karena pada akhir drama terlihat bahwa walaupun disegel Bakki tidak diborgol sebagaimana pada episode-episode sebelumnya. (Andai setan betulan punya sisi baik kaya Bakki, mungkin kehidupan di dunia akan aman tentram ya hehehe)

Drama bergenre horor-komedi ini terdiri dari 10 episode dengan durasi masing-masing episode kurang lebih 40 menit. Sebagai film horor, sebenarnya drama ini tidak menakutkan karena hantunya pun bukan tipikal hantu Indonesia yang seram-seram, lebih mirip cosplay malah. Selain itu juga di setiap scene – yang serius sekalipun – pasti ada saja kejadian-kejadian konyol yang bikin tertawa minimal senyum-senyum.

After all, menurutku drama ini menghibur. Kocak, jumlah episodenya pun tidak banyak jadi tidak bertele-tele dan membuat capek nontonnya. Yang pasti… drama ini bertaburan remah-remah ikkemen (cowok cakep) soalnya ada Mokomichi, Chinen sama Yamada Ryosuke hihihihihi bronis – brondong manis 😛

Cast

380px-Nube-correlation-chart
diambil dari google

Maruyama Ryuhei sebagai Nueno Meisuke (Nube)

Nube merupakan seorang guru yang tidak populer di antara murid-murid. Namun sikap gigih dan tulus dalam melindungi orang-orang yang dikasihinya membuatnya perlahan-lahan dapat diterima oleh murid-muridnya. Nube memiliki tangan iblis di tangan kirinya yang ia gunakan untuk mengantarkan hantu-hantu kembali ke alamnya. Nube sangat menyukai Ritsuko.

Hayami Mokomichi sebagai Tamamo Kyosuke

Tamamo adalah hantu rubah yang menyamar dalam wujud manusia demi melancarkan tujuannya untuk menguasai manusia. Namun karena terlalu banyak bergaul dengan Nube, perlahan-lahan rasa kemanusiaan pun tumbuh dalam hatinya. Walaupun begitu ia masih selalu menyangkalnya hingga ia pun menjadi sosok tsundere XD

Shinobu Sakagami sebagai Bakki

Iblis yang disegel di dalam tangan kiri Nube ini merupakan sumber kekuatan tangan iblis. Walau iblis, tapi perkataan-perkataan yang dilontarkannya seringkali bijaksana. Hahaha. Heran ah~

Kiritani Mirei sebagai Takahashi Ritsuko

Guru cantik nan penakut yang sangat tidak mempercayai hal-hal mistis hingga tanpa sengaja suatu hari ia melihat Nube yang sedang melakukan ritualnya mengantarkan hantu patung anatomi tubuh ke alamnya. Sejak saat itu ia malah terobsesi melakukan penelitian tentang hal mistis, dan Nube pun menjadi objek penelitiannya.

Kang Ji-Young sebagai Yukime

Hantu salju yang pernah ditolong oleh Nube sehingga membuatnya jatuh cinta dan selalu memanggil Nube dengan sebutan “Darling”. Kejadian ketika Nube menolongnya tidak diceritakan dalam drama ini, tapi dalam versi manga dan anime rasanya sih sempat diceritakan (tapi lupa :P).

Yamamoto Mizuki sebagai Hazuki Izuna

Wanita berdarah murni Itako (keluarga cenayang mungkin maksudnya) namun kemampuan cenayangnya masih harus banyak dilatih. Pada awal episode dia tidak menyukai Nube karena selalu melarang murid-muridnya bermain hal-hal gaib dengannya.

Chinen Yuri sebagai Kurita Makoto

Murid kelas 2-3 yang menyukai hal-hal berbau mistis, hingga saat ia mengetahui bahwa Nube mempunyai kekuatan supranatural ia antusias mengikuti Nube kemanapun ia beraksi.

Takahashi Hideki sebagai Mugen Kaishiku

Seorang cenayang yang selalu berpindah tempat untuk mengusir hantu-hantu dengan imbalan sejumlah uang. Ia merupakan ayah Nube yang sangat dibenci oleh Nube karena pernah menelantarkan ibu Nube saat sekarat. Namun pada akhirnya Nube dapat memaafkan ayahnya ini.

Yamada Ryosuke sebagai Zekki – GUEST STAR ^u^

Zekki merupakan adik Bakki yang menyamar menjadi cowok ganteng murid pindahan untuk menghancurkan Nube dan membebaskan kakaknya dari segel di tangan kiri Nube. Walaupun sebenarnya Zekki dan Bakki pun memiliki hubungan kakak-adik yang tidak harmonis hahaha. Ah, bingung jelasinnya. Pada awalnya Zekki berkeinginan melepaskan segel di tangan kiri Nube, namun di akhir-akhir ia juga ingin menghancurkan Bakki supaya membuktikan bahwa dirinya lebih kuat. *plot-hole alert!

Casts yang lain mohon googling sendiri, karena yang saya bahas di sini hanya yang penting-penting dan ganteng-ganteng hahaha XD

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s